iklan banner
MASIGNCLEAN101

Sejak Kapan Kartu Bpjs Menjelma Kis? Apa Bedanya...!!!

Kenapa kartu Bpjs Kesehatan kini bermetamorfosis Kartu Indonesia Sehat (KIS) Apa Bedanya Bpjs dengan KIS - Saya juga gres menyadari semenjak mendapat kartu Bpjs kini yang logo dan tulisannya bermetamorfosis KIS, saya lihat kartunya lebih simple dan keren dibandingkan dengan kartu Bpjs sebelumnya, seolah-olah menyerupai dengan e-KTP sekarang.Perlu dijelaskan disini bahwa KIS ini penyederhanaan dari kartu Bpjs sebelumnya yang fungsinya sama.


Dulu pada penerbitan pertama KIS ini, pada awalnya hanya untuk keluarga miskin yang dikenal dengan instilah Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) masuk dalam kategori Bpjs peserta pertolongan iuran (PBI) pemerintah, namun seiring berjalannya waktu sehingga pada maret 2015 kartu Bpjs kesehatan berubah tampilannya menjadi Kartu Indonesia Sehat  (KIS). Hanya kartunya saja lho.. Yang niscaya fungsinya sama saja.

Untuk lebih jelasnya Bpjs kesehatan yaitu nama sebuah tubuh pemerintahan yang mengelola JKN (Jaminan Kesehatan Nasional), sedangkan KIS yaitu kartu sebagai identitas peserta jaminan kesehatan tersebut. Dan tentunya fungsinya sama dengan kartu Bpjs Kesehatan yang dulu itu, jadi kalau anda kebetulan kartnya hilang atau rusak lalu minta ganti yang baru, maka anda akan mendapat kartu KIS ini.

Ini kutipan kata Dirut Bpjs Kesehatan  Fachmi Idris, "Selain PBI, peserta BPJS Kesehatan yang mendaftar pada Maret akan eksklusif mendapat KIS," Fachmi mengatakan, pembuatan kartu KIS dilakukan sesuai dengan jumlah peserta BPJS Kesehatan. Saat ini peserta BPJS Kesehatan mencapai lebih dari 133 juta orang.

Ia berharap tidak akan ada lagi ungkapan pemegang KIS yaitu masyarakat miskin. Sebab, pemegang KIS yaitu seluruh peserta aktivitas JKN. "Ini hanya ganti nama saja. Namun ukuran, bentuk, dan fungsi kartunya sama saja. Kartu usang masih tetap sanggup digunakan," kata dia.

Baca Juga: Perbedaan Tarif INA-CBG Dan Non INA-CBG, ketahui yuk istilah ini...

"Bahkan," kata Fachmi melanjutkan, "tanpa kartu, peserta BPJS Kesehatan tetap sanggup berobat asalkan hafal nomor kependudukan. Kaprikornus tidak ada masalah." Oke sobat semua sudah cukup jelaskan wacana tampilan kartu Bpjs Ksehatan kini yang di ganti dengan kartu KIS.
Share This :